Cara Memilih Buah Semangka Yang Tua Dan Manis Rasanya

Cara Memilih Buah Semangka Yang Tua Dan Manis Rasanya, Buah Semangka yang banyak memiliki kandungan giji, kadar air yang tinggi namun rendah kalori ini merupakan makanan ataupun minuman yang sangat menyegarkan dan bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat buah semangka bagi kesehatan manusia diantaranya adalah mengendalikan tekanan darah, mencegah dehidrasi, mengatasi peradangan dan mengurangi nyeri pada otot. Buah Semangka mengandung beberapa jenis Vitamin, Mineral dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia

Bagaimana sih mengetahui ciri buah semangka yang memiliki rasa manis? Buah semangka merupakan salah satu buah favorit hampir semua orang. Karena selain rasanya yang manis dan segar, buah ini juga menjadi pilihan yang pas untuk menghilangkan dahaga karena buah ini banyak mengandung air.

Namun kali ini kita bukan membahas mengenai manfaat buah semangka, tapi tentang bagaimana ciri-ciri buah semangka yang memiliki rasa paling manis.

Seperti dilansir brightside.me, bercak kuning itu memiliki fungsi sebagai penanda bahwa buah semangka tersebut sudah masak sempurna. Hal ini dikarenakan bercak ini paling dekat dengan tanah. Itulah kenapa semangka yang sudah matang akan mengeluarkan bercak berwarna kuning ataupun kuning agak jingga.

Berikut ini ciri-ciri Semangka yang memiliki rasa manis:

  • Pilih semangka yang pada bagian bawahnya terdapat bercak warna kekuningan. Jika warnanya putih, biasanya kurang manis. Semakin kuning warnanya, semakin manis. Pilih juga yang pola kulitnya jelas dan tajam antara bagian putih dan hijau.
  • Ketika diketuk akan mengeluarkan bunyi seakan-akan semangka berongga bagian dalam, ini menandakan semangka memiliki rasa manis.
  • Pilih yang kelihatan jelek, seperti ada jalur laba-laba. Jika kamu pikir semangka seperti ini tidak baik, kamu salah, justru seringkali semangka dengan kulit ‘cacat’ seperti ini lah yang manis karena tanda kecokelatan ini adalah sengatan lebah yang meninggalkan madu.
  • Gambar ini menunjukkan bonggol semangka baru dipetik, jadi belum terlalu kering. Bonggol yang benar-benar kering seperti pada gambar no.5.
  • Pilih juga bonggolnya yang sudah kering atau tidak menonjol dan segar karena masih terlihat baru dipetik, karena bonggol kering adalah indikasi bahwa semangka telah matang dan lebih manis.

Buah yang manis. Untuk memilih buah semangka yang manis, pilih yang bentuknya membulat, bukan yang memanjang atau lonjong. Tak banyak yang tahu jika semangka terbagi menjadi dua jenis kelamin, jantan dan betina. Semangka jantan lebih besar, memanjang, dan buah yang lebih berair. Sedangkan semangka betina punya bentuk bundar dan sangat manis.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara Mengetahui Ciri-ciri Buah Semangka yang Memiliki Rasa Manis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat tani sekalian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *